KumpulBlogger

Gratisan

Babat Alas Kolaka

Category: , , , , , , By Rachmadi Wahyu PS aka OcanFather
Nopember 2001, amplop coklat dinas aku terima dari subbagian Umum KPKN Kendari.. Wah, apalagi nech... Tanyaku dalam hati... Dengan berdebar, kubuka amplop itu dan gubrack... Ternyata isinya Nota detasering sebagai pegawai KPKN Kolaka.. Satu hal yang udah beberapa bulan terhembus isunya.. Walau pun waktu itu sempat ada jaminan untuk dipertahankan di Kendari, ternyata kekuatan yang lebih besar memaksaku untuk pindah di Kolaka... Hem, kota yang orang asli Kendari pun belum tentu mau pindah ke sana.

KOLAKA

Kota kecil di ujung Prop. Sulawesi Tenggara, tempat pelabuhan penyeberangan menuju Pelabuhan Bajoe di Watampone.. Dari Kendari kota ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 4 jam.. (waktu itu).. Dengan kondisi jalan penuh kelokan, dan sangat jauh dari layak (kalo tidak mau dikatakan rusak parah.. Hehehehe).. Sekarang mungkin udah bisa lebih cepat lagi..
Awal Desember 2001, rombongan besar berangkat dari KPKN Kendari menuju Kolaka.. Inilah pasukan 'berani mati' kata orang2.. Perjalanan cukup lancar walau pun sangat menguras tenaga.. Setibanya di Gedung Eks. Depnaker (seberang Kantor Bupati Kolaka) yang dipinjamkan untuk operasional KPKN Kolaka, rombongan pun beristirahat sejenak sebelum kembali berjibaku untuk menata perabot dan peralatan yang telah disiapkan dari Kendari.. Huuhh... Sangat menguras tenaga dan pikiran juga..

KPKN KOLAKA
Tahun pertama di KPKN Kolaka adalah hari2 yang menyenangkan, setelah sempat dipimpin oleh Mr. M sebagai pejabat sementara, tonggak kepemimpinan beralih ke Mr. BU.. Dengan gaya kepemimpinan yang lebih mementingkan rasa kekeluargaan, beliau amat disegani sekaligus dihormati oleh teman sejawat maupun mitra kerja KPKN Kolaka. Aku waktu itu ditunjuk sebagai pelaksana subag umum (tukang ngetik SPM), sempat manyun jg sich..
Lah koq manyun sich....

Liat aja riwayat kerjaku....
Akhir 1997 - Ags 1998 = Pelaksana Seksi Giro Pos (merangkap tukang ngetik surat 'n tukang ngetik SPM)
Sep 1998 - Akhir 2001 = Pelaksana Seksi Perbendaharaan (merangkap tukang ngetik SPM trus merangkap juga supervisor SPM)
Look at Bold... Hehehehe seolah-olah nech barang jadi spesialisasiku 'n selalu mengikuti dimana pun aku berada.. Hem.. Apalagi di KPKN Kolaka khan cuma melayani 1 kabupaten, jadi belum tentu setiap hari ada SPM. Disinilah awalnya aku kenal Game Football Manager (waktu itu masih Championship Manager).. Halah... G nyambung banget seeeechh....
Tapi setelah Mr. BU dateng, beliau sedikit merombak kerjaan di Kantor.. Kerjaan seksi perbendaharaan sebagian dibagi buat kami2 yang di luar perbendaharaan. Jadilah kami punya kerjaan untuk ngisi waktu luang. Walau secara job description agak menyimpang, menurut beliau daripada kalian stress mending ada kerjaan dikit2. Aku dapet bagian satker Kantor Depag + 1 proyek peningkatan kesehatan.. Lumayan lah daripada manyun, mending ngisi kartu gaji... Hehehehe..

Suasana kantor jg mulai berubah sejak kedatangan beliau, kami mulai rajin olahraga dari tenis meja, bola voli sampe tenis.. Wah olahraga favo aku g ada SepakBola, gimana mau maen skuad nya aja cuma separo (sekitar 7 orang) yang memungkinkan maen.. Laennya ortu + 1 org cewek (maskot KPKN Kolaka) hehehehe.. Kenapa kami jadi rajin..... Karena beliau selalu menyiapkan makanan ringan serta minuman yang menyegarkan bagi kami setelah lelah berolahraga.. Halah.. Ternyata ada maunya...

Menginjak tahun kedua tampuk pimpinan pun beralih ke Mr. AS... Ternyata gaya kepemimpinan si doi sangat jauh berbeda dengan pendahulunya.. Kerjaan seksi perbendaharaan pun kembali ditarik ke asalnya.. Suasana kantor pun sangat menegangkan setiap saat.. Halah terlalu mendramatisir... Gak lah emang begitu keadaannya.. Mau kerja pun udah males2an, apalagi mau olahraga....
Satu hal yang sangat membekas dihatiku, adalah saat aku udah jenuh dan pengen pindah ke seksi lain.. Atau tetep d Umum tapi g jadi tukang ketik SPM lagi (sekalian regenerasi maksudku).. Dengan arogannya si doi bilang 'Aku aja mau nempatin dua orang yang mau dateng ini udah bingung, apalagi mikirin kamu harus dimana...' Ehm.. sangat menohok hati... Apalagi saat tau besok sorenya kluar Nota Dinas penempatan serta pemindahan pegawai ... dan namaku gak ada di ND itu... Kalo pas ND itu dibagi, doi ada d ruangan... Ga tau dech apa jadinya...

Udah ahh... Jadi ngomongin orang... emang orang ya kayak gitu... hehehehe..
Oh.. Ya... tahun kedua di sini aku jg jadi 'Bulok'.. Secara rumah kontrakan waktunya abiss, males nyari lagi 'n istri pengin ngumpul Ibunya dulu.. Jadilah aku bujang lagi berkumpul dengan para sesepuh yang lebih dulu bulok.. Dan tiap minggu, skuad bulok ini balik Kendari dengan angkutan AKAP (Mitsubhisi Kuda bo') yang udah jadi langganan.. Tiap Jum'at sore abiss sholat Ashar kami start dari Kolaka 'n Seninnya selepas Subuh kami udah berangkat dari Kendari..
Untung aja waktu itu lom ada handkey... Hehehehe (thank's handkey, kmu dateng tepat waktu)..

Tak terasa perjalanan tahun kedua yang penuh berbagai masalah intu kulalui....
Awal Maret 2004, sebuah fax masuk ke meja subag umum.. Aku pun dipanggil k ruangan umum, perasaanku campur aduk setengah hati bahagia meninggalkan Kolaka sebagian masih bingung karena harus masuk Kantor Pusat di Lapangan Banteng Jakarta..
Yach.. Fax itu adalah SK Mutasi...

Selamat tinggal Kolaka
 

1 comment so far.

  1. Anonim 24 April 2009 pukul 15.59
    wah, sungguh tiada kusangka dan tiada kuduga (halah) bahwasanya berat sekali perjuangan sampean ki sanak, lha gimana engga, lha wong sampe babad alas kaya gitu..
    tapi ya sudahlah, semoga sekarang ini udah kaya judul bukunya Ibu kita Kartini, "habis gelap terbitlah terang"
    *jiahh..ngomong opo aku iki*
    ditunggu cerita selanjutnya bos..

Something to say?